Sabtu, 12 Desember 2020

MTQ XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2018

 

MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) XXVII TINGKAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA 2018

 

Kegiatan MTQ ke-XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara kembali diselenggarakan di Kabupaten Buton Utara pada tanggal 20-27 Maret 2018. Jenis perlombaannya meliputi Tilawah, Tartil, Hifdzil, Fahmil, Khat, Syarhil dan lain-lain. Pembukaan MTQ ini sangat menarik dimana terdapat atraksi dari remaja dan pemuda yang berjumlah kurang lebih 1000 orang, serta dihadiri oleh Ust. Darwin Hasibuan (Qori’ Internasional) yang melantunkan ayat suci al-Qur’an dengan begitu indah.

Perjalanan saya dan teman-teman untuk sampai ke MTQ tingkat Provinsi dalam cabang Syarhil Qur’an (MSQ) tidaklah mudah, melainkan banyak sekali rintangan yang harus dilalui. Syarat utamanya adalah harus menjadi juara pertama di tingkat kabupaten. Oleh karena itu, kami yang belum berpengalaman harus mencari tahu sistem perlombaannya, aspek apa saja yang menjadi penilaian dewan juri, mencari materi syarahan yang akan dibahas dan saling berbagi tugas. Saya diamanahkan menjadi Pensyarah (Pembicara) dalam lomba Syarhil Qur’an ini. Setiap hari kami memperkuat hafalan materi dan menjelang 2 minggu sebelum perlombaan, kami meningkatkan latihan bersama dan mempermantap tugas masing-masing.

MTQ tingkat Kabupaten Kolaka pun dimulai. Kami harus menjadi juara I (Satu) dalam lomba Syarhil Qur’an agar lolos ke tingkat provinsi. Semangat kami membara untuk menggapainya. Akhirnya waktu telah tiba, kami tampil dengan mewakili Kecamatan Watubangga. Alhamdulillah, penampilan kami memuaskan penonton walaupun terdapat sedikit kesalahan. Faktor ini disebabkan adanya rasa gugup pada kami karena baru pertama kali mengikuti lomba Syarhil Qur’an  dan tampil di depan orang banyak. Kami terus berdo’a semoga bisa menjadi juara I (Satu). Namun, hasil pengumuman juara tidak sesuai keinginan kami. Kami tak putus asa dan sangat bersyukur bisa menjadi juara II (Dua) untuk pengalaman pertama, walaupun kami tidak lolos ke tingkat provinsi.

Setelah MTQ tingkat Kabupaten Kolaka berakhir, kami memiliki tekad kuat agar bisa lolos ke tingkat provinsi. Kami mencari tahu info MTQ selanjutnya dan tak lama kemudian, ada panggilan dari Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kec. Wonggeduku untuk menjadi peserta pada MTQ tingkat Kabupaten Konawe. Kesempatan ini sangat berharga dan tidak akan kami sia-siakan. Kami pun berangkat kesana dengan penuh semangat. Alhamdulillah, hasilnya kami menjadi juara I (Satu) Syarhil Qur’an dan lolos ke tingkat provinsi.

Persiapan untuk MTQ tingkat Provinsi terus kami lakukan. Kesempatan ini tak datang dua kali, mengingat ada batasan umur dalam perlombaan ini. Kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali dengan diikuti oleh seluruh kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara. Kami berangkat ke Kabupaten Buton Utara dengan mewakili Kabupaten Konawe. Perasaan kami campur aduk di mana ada senang, penuh semangat dan gugup. Kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk membanggakan kafilah kami, seraya berharap dapat lolos ke tingkat nasional.

 Perlombaan pun dimulai, kami memperhatikan penampilan dari peserta lain dengan baik. Semuanya tampil bagus mengingat ini tingkat provinsi. Kini giliran kami untuk tampil kedepan membawakan syarahan. Kami tampil sebaik mungkin dan hampir tidak ada kesalahan. Kami mendapat pujian dari para pendamping kami. Malam pengumuman juara telah tiba, rasa deg-degan mulai bermunculan serta do’a terus dipanjatkan, semoga bisa meraih hasil terbaik. Dan hasilnya kami meraih juara harapan II Musabaqah Syarh Qur’an tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Kami tak menyangka bisa demikian dan rasa gembira kami pun tak tertahankan. Pendamping kami sangat senang dan bersyukur atas pencapaian ini, dimana hanya kami yang dari sekolah umum (SMA) dan yang lainnya dari pesantren/MA. Sungguh nikmat yang luar biasa diberikan oleh Allah Swt. kepada kami. Meski sedikit sedih karena gagal lolos ke tingkat nasional, namun ini sudah takdir Allah Swt. dan kami harus menerimanya. Alhamdulillah ala kulli hal. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah Swt.

Terima kasih telah berkunjug dan semoga bermanfaat.

            

            




Tidak ada komentar:

Posting Komentar